Fedora 17 yang saya install secara default tidak memiliki paketan office, yang ada cuman gedit, beda dengan Ubuntu dan debian yang menggunakan Libreoffice secara default dalam paketannya. sehingga tentunya bagi yang sudah mencicipi Fedora 17 diharuskan untuk melakukan instalasi untuk paketan office, bisa pilih openofficeatau libreoffice itu pun kalau mau install office, kalau ga ya gpp!.. :()

Lalu pilihan aku jatuh ke Libreoffice , karena sebelumnya waktu makai ubuntu aku pakainya libreoffice, hehehe.. ada banyak cara untuk bisa mendapatkan libreoffice terpasang di fedora kamu. //itu hebatnya linux, tidak satu jalan keroma.. maksudnya tidak hanya download, crack, next,next,finish,crack lagi.. heheheh// bagi yang spenyabar dan mempunyai bandwith gede, tidak ada salahnya menggunakan bantuan software update atau langsung dengan perintah #sudo yum install libreoffice.

Tapi karena aku sayang dengan kuota modem yang aku punya //bayangin 160 mb yang harus didownload bro..!!!// akhirnya aku putusin untuk mendownload paket tar.gz di http://www.libreoffice.org/download/?type=rpm-x86&lang=id&version=3.5.5  ini link libreoffice3.5.5 yang katanya udah stable ga RC lagi, trus ada language pack indonesiannya. oh iya, karena aku sayang dengan kuota modem ku, akhirnya proses download aku lakukan di Warnet…heheheh. //sungguh besar jasa pendiri warnet di indonesia ini.. engkau memang pahlawan tanpa kenal lemot.. hehehe//trus aku download main installer nya sebesar 151MB, dan Translated User Interface sebesar 1,6MB. kemudian untuk petunjuk instalasinya aku menggunakan referensi resminya disini http://www.libreoffice.org/get-help/installation/linux/, disitu tertulis petunjuk instalasi untuk system Ubuntu (*.deb), fedora dan suse (*.rpm), karena aku download yang *.rpm, makanya aku baca yang untuk fedora aja dulu…

Setelah selesai downloadnya, aku copy secara permanen 2 file tadi di desktop fedora ku..nah langkah selanjutnya adalah instalasi dengan step sebagai berikut:

  1. extract kedua file tar.gz tersebut di direktory yang mudah dikenal, misal di desktop, gunakan saja nautilus untuk ngectracknya.
  2. rename folder hasil extract tersebut menjadi nama yang mudah dikenal dan diketik, misal untuk main installer nya aku rename jadi LibO_install , sedang yang language pack rename jadi LibO_lang.
  3. masuk sebagai root $su –
  4. isikan password root nya, sehingga menjadi #
  5. pertama install dulu main installernya, arahkan path command terminal ke LibO_install dan masuk ke path RPMS, trus gunakan command #sudo yum install *.rpm, sehingga seluruh file rpm yang ada didalam folder RPMS, kecuali yang di sub foldernya yaitu desktop-integration. tunggu proses ini berjalan hingga complete..
  6. selanjutnya kita perlu install hardlink menu aplikasi libreoffice di desktop, dengan arahkan path terminal ke desktop-integration , trus gunakan command untuk install rpm yang digunakan fedora yaitu #sudo yum install *freedesktop*.rpm //terdapat 3 buah file desktop-integration masing-masing: freedesktop untuk fedora, mandriva untuk mandriva, suse untuk suse//
  7. nah sampai disini aku pikir udah selesai proses instalasi libreoffice di fedora, dengan pede langsung jalanin dari panel activities->application->office.. eeeehhh ternyata gak muncul apa2.. berkali-kali dicoba tetap BLANK….
  8. akhirnya aku coba jalankan dari terminal, karena libreoffice ini akan terinstall di /opt/libreoffice3.5 , jadi kembali ke terminal dan gunakan command $ /opt/libreoffice3.5/program/soffice atau kita juga bisa langsung gunakan command ini $libreoffice3.5 , ternyata jreng..jreng,,, yang  muncul justru error berikut: /opt/libreoffice3.5/program/soffice.bin: error while loading shared libraries: libpng12.so.0: cannot open shared object file: No such file or directory.ooooo.. ternyata libpng12.so nya ga tau entah kemana!!!.. gitu.
  9. selanjutnya seperti biasa aku tanya tentang error ini sama om google, siapa tau pernah ada yang mengalami kasus yang sama.. eehh ternyata langsung ketemu solved nya bro disini http://lists.freedesktop.org/archives/libreoffice-bugs/2012-June/056187.html
  10. disitu dikatakan solusinya kita harus install libpng-compat , tanpa pikir panjang langsung masuk terminal dan ketikkan command $sudo yum install libpng-compat.. setelah complete, langsung coba running lagi libreofficenya dengan $ /opt/libreoffice3.5/soffice.. greng..greng.. muncul startup applikasi libbre office.. sampai disini lega rasanya..
  11. lalu coba lagi jalankan dari menu activities…. eh mau juga… hehehehe
  12. akhirnya setelah lega berhasil memasang libreoffice3.5 di fedora ku,, kutulis deh untuk bisa berbagi sama yang membutuhkan…

ini sedikit tulisan berdasarkan pengalaman dalam menginstall Libreoffice3.5.5 di fedora 17 ku, semoga bisa membantu. jika tidak ada gambar atau screenshot tampilan, harap dimaklumi… ///soalnya aku sayang sama kuota modem ku… hihihihi   🙂 .

